Produk Janggelan

Triatmo Susanto 03 Mei 2017 12:54:27 WIB

Janggelan - Janggelan adalah sejenis tanaman rumput yang sangat mudah untuk ditanam, tanaman ini cocok untuk daerah pegunungan dengan cuaca dingin seperti halnya di Desa Jombok . Janggelan ini dapat di buat sebagai lapangan kerja untuk masyarakat.

Salah satu upaya untuk peningkatan nilai tambah adalah dengan mengolah janggelan ini menjadi cincau.Dari batang dan daun dipisahkan. Untuk batang dijual ke luar daerah sedangkan daun dengan kualitas bagus diolah sendiri di desa Jombok dengan melakukan pemrosesan sehingga diperoleh pati ekstrak cincau siap masak. Dari ekstrak cincau ini bisa dimasak menjadi cincau tawar yang bisa dipadukan dengan gula merah dan santan (orang Jawa bilang juruh santen) sehingga bisa dimakan seperti kolak cincau.

Janggelan ini juga dapat dibuat jelly cincau, namun masakan ini kurang bisa bertahan lama sehingga perlu upaya agar makanan ini awet tanpa pengawet.

Selain untuk jadi kolak cincau dan jelly janggelan bisa dibuat menjadi stik janggelan yang bisa bertahan agak lama yaitu kurang lebih 3 bulan dengan berbagai rasa (Original, manis dan pedas manis) dan juga minuman serbuk siap minum.

 

Komentar atas Produk Janggelan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

video

Lokasi Jombok

tampilkan dalam peta lebih besar